Cara Atasi Tranmisi Motor Bergetar

Murnisubajamas.id - Ketika terdapat masalah pada motor, jangan terburu-buru menyimpulkan harus mengganti part tertentu. Adakalanya hanya perlu dilakukan pembersihan komponen tanpa perlu menggantinya.

Meski pabrikan telah memperhitungkan jarak tempuh tertentu untuk melakukan service rutin, baiknya pemilik motor lebih peka terhadap motornya. Ketika terjadi hal yang tak biasa pada motornya, meski belum masuk waktu service, segera lakukan pengecekan dan perbaikan.



Seperti yang kerap terjadi pada motor jenis matic, saat melakukan akselerasi, timbul getaran dari komponen transmisinya. Secara kenyamanan, hal ini jelas mengganggu, untuk menghilangkannya, beberapa langkah bisa dilakukan:

Pertama:
Lakukan mulai dari hal paling sederhana, yaitu melakukan pengecekan, apakah ada benda asing di dalam komponen transmisi. Yang dimaksud adalah tumpukan kotoran, debu dan benda lainnya yang dapat mengganggu kerja komponen penggerak tersebut.

Kedua:
Bersihkan komponen transmisi, pastikan saat terpasang sudah tak ada lagi benda asing didalamnya. Selagi dibongkar, periksa juga kondisi komponen lainnya pada bagian transmisi seperti pegas, per kopling, kampas kopling roller dan beltnya.


Ketiga:
Jika dirasa tak ada kerusakan, rangkai kembali komponen tersebut. Harusnya, jika semua komponen tersebut dalam kondisi yang baik, getaran yang sebelumnya muncul akan hilang.

Harap digaris bawahi, bagian dalam komponen transmisi ini tak akan benar-benar terbebas dari kotoran, karena bagian tersebut memang harus memiliki sirkulasi udara untuk memberikan hawa dingin pada beberapa komponen didalamnya.

Ketika motor sering dipakai ke jalanan yang berdebu, apalagi saat musim hujan, pengecekan dan pembersihan komponen transmisi harus sering dilakukan agar komponen tersebut bekerja optimal.

Post a Comment

0 Comments