Mengapa Pengajuan Saya di Tolak

Murnisubajamas.id - Demi memiliki sepeda motor impian, banyak orang yang mengandalkan jalur kredit. Hal ini disebabkan harga motor  yang cukup tinggi. Proses kredit motor banyak ditawarkan oleh pihak bank maupun leasing. Namun, Anda mesti tahu tak selamanya kredit motor bisa berjalan mulus.


Ada beberapa hal yang memicu kredit motor ditolak hingga akhirnya motor idaman tak bisa parkir di garasi rumah Anda. Untuk menghindari terjadinya penolakan kredit motor sebaiknya Anda mencari tahu dahulu apa saja syarat dan ketentuan yang harus dilengkapi, anda bisa bertanya pada keluarga dan kerabat yang terlebih dahulu melakukan kredit motor, atau bisa konsultasi dengan team marketing dealer yang mungkin lebih memahami kondisi seperti anda itu bisa cocok dengan karakter lising mana, tujuannya agar meminimalisir resiko ditolaknya pengajuan anda.

Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa ujung tombak persetujuan kredit motor itu berada di pihak bank atau leasing selaku penyedia fasilitas kredit, kalo marketing hanya membantu atau sebagai perantara anda dengan pihak pembiayaan, Lantas, apa saja sih yang menyebabkan kredit motor ditolak? Padahal berbagai dealer motor kerap berlomba-lomba menawarkan program kredit murah seperti bunga cicilan ringan, uang muka rendah hingga gratis aksesori motor demi memperoleh konsumen, bahkan ada beberapa yang memajak " SYARAT KTP DAN KK, PROSES CEPAT ", dan banyak lainnya.

1.MASUK DAFTAR BLACKLIST
Apakah Anda pernah menunggak pembayaran kartu kredit atau cicilan lainnya? Atau Anda pernah mengambil kredit motor sebelumnya dan telat membayar hingga motor Anda ditarik? Jika pernah mengalami hal-hal tersebut bisa dipastikan Anda telah memiliki catatan yang buruk di mata pihak bank maupun leasing

Bahkan untuk sekarang ini walau cicilan anda sebelumnya sudah lunas, namun pembayaran anda sering telat, sampe lebih dari 100 hari maka secara otomatis nama anda disistem pihak lising masuk kategori konsumen blacklist dan tidak bisa pengajuan lagi di lising tersebut.


Keberadaan nama Anda dalam daftar black list akan menyulitkan untuk pengajuan kredit apa pun termasuk kredit motor. Pihak bank atau leasing pasti akan mengecek status pembayaran Anda apakah selalu lancar atau tersendat. Untuk itu agar terhindar dari daftar black list, sebaiknya lakukan pembayaran angsuran tepat pada waktunya.

2.PENGHASILAN STABIL
Bagi Anda yang memang berniat mengambil kredit motor harusnya sudah tahu kapasitas keuangan. Nah, Anda harus pintar berhitung terlebih dahulu soal penghasilan sebelum memutuskan mengambil kredit motor. Apakah memang ada dana lebih untuk mengambil kredit motor. Seandainya Anda hanya memiliki dana terbatas untuk membayar angsuran setiap bulan maka tim analis bisa memutuskan kredit motor ditolak.

Ada baiknya, melakukan perhitungan anggaran terhadap keuangan Anda. Bila pengeluaran melebihi pemasukan Anda sudah dipastikan pengajuan kredit motor ditolak. Lain lagi jika keuangan Anda teratur dan memiliki penghasilan yang stabil. Misalnya, sudah menjadi karyawan tetap. Pihak leasing atau bank pasti akan cepat menyetujui pengajuan kredit Anda karena dinilai punya kemampuan untuk membayar angsuran setiap bulannya.

3. STATUS PERUSAHAAN dan PEKERJAAN
Rupanya bukan hanya data diri pribadi saja yang bisa tercatat dalam daftar black list pihak bank. Perusahaan tempat Anda bekerja pun bisa masuk di daftar black list. Mengapa demikian? Bisa saja perusahaan yang menjadi wadah Anda menghasilkan pundi-pundi pernah terkait kasus yang terkait dengan performa pembayaran kredit usaha. Dengan begitu reputasi buruk sudah tersemat pada nama perusahaan Anda.

Anda tentu tidak bisa menyalahkan perusahaan Anda jika sudah begini. Solusinya, sebelum melamar pekerjaan di suatu perusahaan cari tahu daftar riwayat perusahaan tersebut. Rajin riset itu kuncinya. Anda pasti tak mau terkena imbas karena perusahaan pernah mengalami masalah.


Di samping itu, status pekerjaan turut memicu faktor kredit motor ditolak atau disetujui. Akan lebih cepat disetujui seandainya Anda berstatus karyawan tetap. Bagi Anda yang masih menjadi karyawan kontrak akan sulit memperoleh persetujuan kredit, karena tim analis menilai penghasilan Anda akan pasang surut terkait status kepegawaian Anda.

Bisa saja hari ini Anda mengajukan kredit motor dan seminggu kemudian kontrak kerja Anda tak diperpanjang. Lalu Anda menyandang gelar pengangguran. Bagaimana mau bayar angsuran?

4.DOKUMEN TIDAK LENGKAP
Umumnya saat pengajuan kredit motor, Anda akan diminta untuk menyerahkan sejumlah dokumen sebagai persyaratan. Dokumen itu biasanya berupa fotokopi KTP dan Kartu Keluarga. Dalam kondisi tertentu, Anda juga dimintai dokumen tambahan seperti surat keterangan kerja, surat keterangan domisili, bukti kepemilikan rumah, hingga surat keterangan cerai. Satu saja tidak disertakan maka pengajuan kredit motor ditolak.

Di samping itu demi menunjang kelancaran pembayaran angsuran Anda setiap bulan, pihak dealer akan meminta slip gaji juga. Biasanya dokumen tersebut akan diminta untuk kelengkapan data. Jika memang diminta, Anda wajib menyerahkannya supaya kredit motor Anda bisa diproses secepatnya dan terhindar dari risiko kredit motor ditolak.


5.SIKAP KURANG KOOPERATIF
Ketika hendak mengajukan permohonan kredit motor, Anda harus memenuhi semua persyaratan yang diminta oleh pihak dealer sebagai produsen. Hindari sikap kurang kooperatif karena akan berdampak buruk bagi pengajuan kredit Anda. Seperti pemalsuan data, mempersulit proses survei dan lainnya, memangnya apa saja yang tergolong dalam sikap kurang kooperatif itu? Diantaranya sebagai berikut:
  • Konsumen menyediakan dan memberikan data palsu.Terkadang konsumen menghalalkan segala cara demi memenuhi ambisinya untuk memiliki motor idaman. Alih-alih disetujui, jika ketahuan akan berdampak buruk bagi reputasi Anda serta pengajuan kredit motor pasti ditolak. Pun bisa menyebabkan akibat yang berkepanjangan yaitu hilangnya kepercayaan dari pihak dealer dan bank untuk menyetujui pengajuan kredit Anda di kemudian hari.
  • Data diri yang tidak sesuai dengan identitas juga tergolong dalam sikap kurang kooperatif konsumen. Perihal tersebut malah menjerumuskan pada penolakan kredit motor. Sebaiknya saat tim analis sedang melakukan survey dan proses pengecekan identitas dan kelengkapan data, berikan informasi yang tepat dan akurat.
Jika pada saat proses survey konsumen banyak bertingkah dan memperlambat jalannya survey maka konsumen menunjukkan sikap kurang kooperatif. Biasanya konsumen yang kurang kooperatif menolak untuk dikunjungi, enggan mengizinkan tim survey ke rumah hingga menunjukkan perilaku kurang ramah saat sedang disurvei. Hal-hal tersebut dapat mengakibatkan kredit motor ditolak.

Perhatikan dan pelajari ke lima hal di atas untuk menghindari penolakan kredit motor Anda. Hindari melakukan hal-hal tersebut agar mempermudah memiliki motor idaman secara cepat.

Post a Comment

0 Comments