Buming Honda Scoopy Gunakan mesin Genio, Kapan di Launchingnya?

Murnisubajamas - Diawal 2020 ini PT. Astra Honda Motor ( AHM ) berikan ubahan hampir semua produk yang diluncurkannya berawal dari honda Genio yang di luncurkan tahun lalu, beranjak All New BeAT, bahkan baru-baru ini Honda PCX pun alami penyegaran varian warna.

Mesin Honda Genio akhirnya akan dipakai di Honda Scoopy, setelah Honda Genio dan BeAT, maka wajar kalau prediksi selanjutnya adalah kemunculan Scoopy terbarur, awalnya resmi dikenalkan pada Mei 2010 Honda Scoopy menjadi salah satu produk skuter matik retro terlaris.

Kabar baik beredar bahwa Honda Scoopy akan mengalami perubahan terutama pada bagian mesin, wajar saja ini merupakan satu-satunya motor matik 110 cc pabrikan berlambang sayap mengepak yang belum terkena revisi.


Terakhir kali Honda Scoopy mendapat penyegaran besar pada Maret 2017. Itu pun dari sisi jeroan tidak ada ubahan, dikabarkan sektor dapur pacu Honda Scoopy akan menggunakan mesin Honda Genio, awalnya Honda BeAT series yang lebih duluan menggunakan mesin Honda Genio.

Tenaga mesin Honda Genio mencapai 8,8 dk/7.500 rpm dan torsi maksimum 9,3 Nm/5.500 rpm, tenaganya lebih besar karena ada ubahan, dibanding mesin eSP 110 cc milik Honda BeAT versi lawas, rasio kompresi lebih tinggi, stroke dibuat panjang, dan area CVT dirombak.

Sebenarnya Jantung mekanis keduanya sama-sama 110 cc, namun punya konstruksi silinder berbeda, honda genio dikatakan menggendong generasi terbaru mesin eSP, dengan tenaga 8,87 Tk pada 7.500 rpm dan torsi puncak 9,3 Nm pada 5.500 rpm.

Sedangkan Honda Scoopy lama beda tipis, yaitu dengan daya 8,97 Tk pada 7.500 rpm dan torsinya 9,4 Nm pada 6.000 rpm, walaupun mengalami penurunan torsi puncak, Honda Sccopy yang memakai mesin Honda Genio tetap lincah, selain pada bagian mesin, fitur-fitur pendukung pun tetap akan menjadi bagian Honda Scoopy baru ini.


Beberapa fitur andalan mesin eSP motor matic Honda juga disematkan, misalnya starter seamless ACG serta Idling Stop System, saat dirasakan tester Motorplus-online, karakter mesinnya mirip Honda BeAT.

Dimana akselerasi bawahnya enteng, dan mudah menggapai 60 km/jam di speedometer, cocok buat pemakaian dalam kota, apalagi secara bobot, Honda Genio terhitung ringan, jika benar Honda Scoopy akan menggunakan rangka Honda Genio tentu hal ini membuat Honda Scoopy menjadi tambah gesit.

Rangkanya baru, dengan nama eSAF (enhanced Smart Architecture Frame), yang lebih ringan dan diklaim bikin handlingnya lincah, Jadi kira-kira kapan ya Launchingnya??

Kita tunggu saja kabar resmi dari PT. Astra Honda Motor Indonesia (AHM).

Post a Comment

0 Comments