Hal Hal Yang Dianggap Sepele Ini Malah Bikin Motor Rusak

Murnisubajamas - Sepeda motor menjadi alat transportasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia karena lebih efesien dibanding yang lainnya, hampir semua kepala keluarga memiliki dan menggunakan sepeda motor untuk bepergian seperti kekantor, tempat kerja, belanja, antar jemput anak sekolah, dan lain sebagainya. Muali dari anak remaja, dewasa sampe orang tua sudah banyak menggunakan motor.

Berdasarkan penelitian, tidak hanya  satu motor saja dalam satu keluarga, ada yang dua, tiga bahkan ada juga yang memiliki motor setiap anggota keluarga, hal ini didasarkan karena kebutuhan setiap harinya, motor sudah tidak lagi menjadi barang mewah di jaman milenial sekarang ini, namun banyak pemilik motor yang hanya menggunakan kendaraannya saja tanpa tau kesalahan-kesalahan sepele yang dilakukan bisa merusak motor.


Berikut kesalahan sepele yang dapat membahayakan atau merusak motor :

Membiarkan ban kurang tekanan angin
Meski motor tetap bisa digunakan walaupun tekanan angin berkurang atau agak kempes. Namun jika terus memakainya bisa menyebabkan ban dalam mudah terkoyak sehingga pelek motor rawan bengkok. Akibatnya umur ban dan pelek jadi cepat rusak, imbasnya bisa menambah biaya perawatan bahkan lebih boros.

Memakai bensin oplosan
Bensin oplosan atau yang biasa dijual dipinggir jalan itu merupakan bensin yang dioplos dengan bahan lain. Meskipun tidak semua seperti itu tapi rata-rata mereka mengoplos. Akibatnya mesin cepat rusak dan mengalami korosi. Untuk mengisi bahan bakar biasakan isi di pom bensi resmi yang kualitas dan takarannya sudah terjamin dan harganya pun lebih murah, boleh sih isi bahan bakar eceran namun perhatikan atau pulih-pilih lah untuk kenyamanan sepeda motor.

Mencuci motor dibawah sinar matahari
Mencuci motor dibawah matahari harapannya motor akan cepat kering, namun itu adalah salah. Malah akan menyebabkan warna body motor menjadi belang.

Menggunakan sparepart palsu
Harga sparepart palsu pasti akan lebih murah dari yang asli. Namun Anda akan semakin rugi jika menggunakan yang palsu. Karena motor akan cepat rusak dan Anda akan merogoh kocek lebih banyak untuk memperbaikinya.

Post a Comment

0 Comments