Hindari Pajak Progresif? Begini Caranya.

Murnisubajamas - Pemblokiran nomor kendaraan bermotor biasanya dilakukan saat pemilik telah menjual kendaraannya baik roda dua atau pun roda empat, hal tersebut perlu dilakukan guna menghindari pajak progresif pada mobil atau motor yang dimiliki pada nama ke dua dan seterusnya.

Sedikit informasi bagi anda yang Nahada niatan buat pembelian sepeda motor atau mobil alangkah baik nya blokir terlebih dahulu kendaraan anda yang sebelumnya jika memang sudah dijual atau sudah tidak digunakan lagi, agar kendaraan baru anda tidak terkena biaya progresif, karena jika ada biaya progresif maka anda diwajibkan bayar saat pengambilan stnk di dealer anda beli kendaraan.

Kali ini kabar baik bagi Anda yang ingin memblokir nomor kendaraan Anda, karena melapor kendaraan bermotor yang sudah anda jual kini dapat melalui online di situs pajakonline.jakarta.go.id. Adapun dokumen yang perlu disiapkan untuk di upload sebegai berikut :

1. Foto copy KTP pemilik kendaraan
2. Surat Kuasa bermaterai cukup dam Fotocopy KTP (Jika dikuasakan)
3. Fotocopy Surat/ Akta penyerahan/ Bukti Bayar
4. Fotocopy STNK / BPKB (Jika ada)
5. Fotocopy Kartu Keluarga/ KK
6. Surat pernyataan yang bisa di akses di bprd.jakarta.go.id.
Setelah mengajukan laporan jual kendaraan bermotor melalui situs pajak.online.jakarta.go.id, maka selanjutnya hanya tinggal menunggu hasil verifikasi dari Samsat. Verifikasipun tidak lama biasanya antara 4 sampe 6 hari kerja, jika nanti sudah terverifikasi maka secara otomatis kendaraan yang ke 2 tidak lagi kena progresif.

Perlu diingat, perhitungan pajak progresif berdasarkan kartu keluarga untuk wilayah DKI jakarta dan masih berdasarkan KTP untuk wilayah jawa barat, itu pun yang kena stnk roda dua ke roda dua dan roda empat ke roda empat lagi. Dalam artian jika sebelumnya ada nama stnk motor maka tidak berlaku progresif untuk stnk mobil demikian juga untuk sebaliknya.

Mudah bukan? Segera blokir kendaraan Anda yang sudah terjual untuk menghindari pajak progresif.

Post a Comment

0 Comments