Segini Depresiasi Nilai Jual Honda Vario 150 dan 125 Tiap Tahun

Murnisubajamas - Depresiasi nilai jual kendaraan itu pasti ada. Meskipun unitnya begitu diminati, seperti Honda Vario. Namun yang jadi pertanyaan, seberapa jauh? Berapa angka penyusutannya tiap tahun? Inilah hasil kalkulasi kami, untuk Honda Vario 150 dan 125. Sebelum itu, perlu dicatat. Sempel kami ambil dari basis jual-beli daring, yang cukup untuk merepresentasikan keadaan di lapangan. Namun belum tentu, ini semua sesuai dengan keadaan di tempat Anda. Karena harga jual (motor bekas) dapat timbul, juga dipengaruhi kondisi motor, lokasi, serta faktor-faktor tertentu. Tidak semua sama tiap daerah dan tiap penjualan motor bekas.


Kami lakukan filterisasi pada wilayah Bekasi, yang notabene lebih murah dari daerah kebanyakan. Bermunculan Vario 150, yang dijual dalam rentang Rp 17-20 juta. Mengacu dari situ, bisa dihitung. Tahun pertama nilai jual bakal berkurang, paling tidak sekitar Rp 4 juta atau 17 persen. Kurang lebih sama seperti skutik sekelas, produk kompetitor. Begitu pun tipe 125, juga terdepresiasi sekitar 17-18 persen. Meski sosoknya lebih diminati, ternyata tak begitu berpengaruh besar. Terkikis dengan jumlah yang sama. Temuan kami mencatat nilai jual mulai Rp 15 juta - Rp 17 juta, dari harga barunya Rp 20,6 – Rp 21,5 juta.

Turun lagi ke produksi 2018, tak semerosot dari baru. Rata-rata penjual menyantumkan Vario 150 di angka Rp 15 juta sampai Rp19 juta. Dari titik tertinggi hanya turun sekitar Rp 1 jutaan, atau lima persen. Bahkan rentangnya banyak beririsan dengan tahun produksi lebih muda. Sementara untuk varian 125, turun Rp 2 jutaan atau dijual Rp 13 juta – Rp 15 juta.


Yang unik, Vario edisi 2017 justru masih memiliki angka kuat. Laju penurunan bak terhenti di sini. Baik varian 125 maupun 150 ditaksir mulai Rp 12 juta – Rp 15 juta. Tak jauh dengan adiknya. Sebagai catatan, Vario produksi 2017 merupakan satu generasi sebelum yang beredar sekarang. Tidak ada panel digital, wajahnya pun tak se-futuristik generasi baru.
Dari paparan ini, bisa dilihat penyusutan harga Vario paling besar ada di tahun pertama. Menyentuh Rp 4 jutaan. Tapi sebetulnya cukup masuk akal. Posisikan saja Anda sebagai konsumen, melihat harga bekas hanya selisih sedikit – tentu lebih mempertimbangkan beli unit baru bukan? Di samping bisa mengambil angsuran lebih mudah, unitnya pun terjamin gres dan bagus.

Lantas pada tahun ke dua, jumlah penurunan sebetulnya terjaga, masih di kisaran lima persen dari nilai jual tahun sebelumnya. Tahun ke tiga (berbeda generasi), kami tak bisa menyimpulkan pasti. Namun nyatanya laju penyusutan agak melambat di situ. Perlu diingat taksiran harga tersebut diatas ditidak menetap yaa, tergantung pada siapa anda jual dan di daerah mana serta kondisi motor, serta bagaimana juga apa pajaknya masih panjang atau sudah telat.

Post a Comment

0 Comments