Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

New Honda CBR150R Overbore atau New PCX 150 4 Valve. Siapa Yang Duluan Hadir??

Kangandi - Baru-baru ini booming diperbincangkan di dunia otomotif menjelaskan bahwa memang akan ada beberapa produk dari Honda di Indonesia yang memasuki Life-Cycle Major-Model Change bertepatan dengan model tahun 2021. Dan salah dua dari produk produk hot yang siap digerojokan adalah New CBR150R dan New PCX 150 (atau lebih tepatnya 157, mungkin). Nah siapakah yang bakalan duluan rilis diantara kedua produk ini?

Seperti kita ketahui baru saja PT. Astra Honda Motor meluncurkan sckutermatik retronya yakni All New Honda Scoopy dengan tampilan baru. Bukan hanya segi warna, tapi jeroannya juga mengalami perubahan seperti mesin 100cc generasi baru dan menggunakan rangka eSAF yang di klaim lebih enteng.

$ads={1}

Sebelum kita bicara timeline mari kita bicara soal bakal seperti apa perkiraan perubahan yang akan dihadirkan oleh kedua produk ini. Untuk New Honda CBR150R ini cukup menarik karena secara umum Honda diperkirakan akan menghadirkan motor yang cukup baru baik dari sektor mesin maupun kaki-kaki. Dari sektor mesin ada kemungkinan kehadiran kembali/reborn dari mesin overbore dimana dimensi pistonnya akan lebih besar bore dari pada stroke. Mesin tipe ini memang dipercaya memiliki karakter revving atau putaran mesin yang lebih tinggi, banyak yang berpendapat bahwa mesin overbore lebih pantas buat mesin DOHC, paling pas sesuai dengan karakter motor full fairing.

Cuma memang yang patut di tunggu apakah tidak ada update lain di dalam mesin, apakah persis overbore dengan spring bertopi (bucket) bertemu dengan profil camshaft alias plek sama dengan CBR150R versi awal, ataukan hadir dengan finger follower. Jangan dibully dulu, teknologi finger follower saat ini dipakai di ZX-10R lho, walaupun desainnya sedikit berbeda. Mesin overbore juga dibutuhkan karena memang kompetitor di segmen ini sudah menunjukan ke-all-out-an mereka semua. GSX-150R dengan mesin overbore murni, R15 dengan 155 cc dan VVA. Sepertinya logis khusus CBR150R butuh pindah ke mesin overbore lagi.

Mengenai styling, besar kemungkinan akan menyamai desain dari Honda CBR500R atau ini artinya akan menyamai desain dari CBR650R juga dan ini logis, karena kedua produk big bike CBR series ini adalah dua produk yang menggunakan desain corporate Honda. Shock depan upside down adalah keharusan karena memang market membutuhkan.

$ads={2}

Mengenai spek, sepertinya akan di bawah dari shock CBR250RR yang sudah SFF, mungkin beda di diameternya tau sistem piston di dalam shock-nya yang masih lebih konvensional. Mengenai style sobat bisa lihat dari dua reka digital dari Motoblast di atas.

Lalu PCX 150, seperti yang pernah kita bicarakan dengan referensi desain PCX yang hadir di Eropa. Secara bentuk akan plek ketiplek dengan desain PCX di Eropa dengan perbedaaan pemilihan mesin 157 cc 4 valve SOHC berpendingin cairan dan tentunya ditambahkan juga kehadiran rem cakram di belakang tentunya. Mengenai update teknologi, sepertinya HSTC akan jadi opsi sinyalemen terkuat. Balik lagi . . siapa duluan yang akan dirilis di Indonesia? Dari informasi yang kami himpun, confirmed keduanya akan jadi produk 2021 AHM. namun sepertinya, mirip seperti alur cerita di atas yang menceritakan CBR150R duluan ketimbang PCX.

Maka ada sinyalemen AHM akan memproduksi terlebih dahulu All New CBR150R MY2021 dilanjutkan ke All New PCX150 (157). Kapan persisnya? Bisa jadi pada November 2020 atau di bulan Desember 2020 atau bulan ini sudah mulai melakukan produksi/persiapan produksi. Sementara menurut info yang saya baca, PCX akan mulai diproduksi pada bulan Januari 2021 nanti. Jadi sabar saja yaaaa kita tunggu info selanjutnya apa yang akan AHM garap lebih duluan....

KANG ANDI
KANG ANDI Hatur nuhun....sudah bersedia mampir ke warung yang sangat sederhana ini...!!! Salam santun ka palawargi sadayana...!!!

Posting Komentar untuk "New Honda CBR150R Overbore atau New PCX 150 4 Valve. Siapa Yang Duluan Hadir??"

Template Blogger Terbaik Rekomendasi

Berlangganan via Email