Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Perpanjangan SIM Online dan Biaya Perpanjangan !!!

Murnisubajamas - Surat izin mengemudi (SIM) wajib dimiliki oleh setiap pengendara baik roda dua, roda empat atauoun lebih, surat ini berbentuk kartu seperti halnya sebuah KTP. Masa berlaku SIM selama 5 tahun, jika sudah mau habis masa berlakunya pemilik wajib perpanjangan agar tetap bisa digunakan. Tapi jangan khawatir, karena proses perpanjangan SIM kini semakin mudah bisa dilakukan dirumah lewat aplikasi android secara online.

Cara perpanjangan SIM online bisa dilakukan melalui aplikasi digital korlantas polri. Dengan adanya aplikasi ini, masyarakat merasa dipermudah untuk perpanjangan SIM C maupun SIM A tanpa harus keluar rumah. Dengan kata lain perpanjangan SIM tidak perlu lagi mendatangi lokasi satuan penyelenggara administrasi SIM (Satpas), pemilik SIM cukup ikutin langkah-langkah melalui aplikasi resmi.

Dikutip dari laman digitalkorlantas.id, aplikasi digital korlantas POLRI adalah aplikasi resmi dari korlantas POLRI indonesia untuk memudahkan masyarakat mendapatkan layanan dikorlantas, aplikasi ini mulai diluncurkan pada 12 April 2021 lalu dan sudah dilakukan pembaharuan oleh POLRI.

Adapun Fitur yang tersedia pada aplikasi tersebut adalah perpanjangan SIM belum bisa untuk pembuatan SIM baru, SIM yang sudah diperpanjang akan diantar ke alamat sesuai KTP. Adapun langkah-langkah perpanjanag SIM online adalah sebagai berikut:

  1. Dowload aplikasi Digital Korlantas Polri diplaystore
  2. Masukan nomor handphone aktif, kemudian isikan kode OTP yang dikirim melalui SMS untuk verifikasi data
  3. Buat PIN untuk keamanan
  4. Pilih menu lengkapi data, lalu isi NIK dan nama sesuai KTP dan alamat email
  5. Verifikasi KTP dengan mengambil swafoto
  6. Pada halaman utama, pilih menu SIM kemudian klik perpanjangan SIM
  7. Masukan nomor SIM dan dokumen berupa foto fisik KTP, foto SIM, foto tanda tangan diatas kertas putih, pas foto ( latar belakang biru, tidak menggunakan kaca mata dan penutup kepala topi/peci, tidak menggunakan baju berwarna hijau )
  8. Unggah juga hasil pemeriksaan kesehatan yang bisa dilakukan di website erikkes.id dan tes psikologi pada aplikasi epPsi
  9. Pendaftaran pemeriksaan kesehatan bisa dilakukan di aplikasi tersebut dengan memilih menu e-Rikkes dan mengikuti intruksi yang diberikan, hal yang sama untuk tes psikologi
  10. Jika perpanjangan SIM berhasil, pemohon dapat mengambil langsung fisik SIM yang sudah selesai atau menggunakan jasa pengiriman
  11. Pemohon kemudian akan diarahkan untuk melakukan pembayaran

Lantas berapa biaya perpanjangan SIM nya? Biaya perpanjangan SIM C sebenarnya sudah diatur dalam peraturan pemerintah nomor 60 tahun 2016 tentang jenis dan tarif atas penerimaan negara bukan pajak (PNBK) yang berlaku pada kepolisian negara republik indonesia. Dalam peraturan tersebut dijelaskan tentang biaya penerbitan SIM baru termasuk biaya perpanjangan SIM C. Untuk biaya perpanjangan SIM A ditetapkan sebesar Rp 80.000, dan untuk biaya perpanjangan SIM C sebesar Rp 75.000.

Meski demikian ada tambahan biaya lainnya di luar biaya perpanjangan tersebut, biaya tambahan tersebut biasanya digunakan untuk cek kesehatan sebesar Rp 25.000 dan asuransi sebesar Rp 30.000. Selain itu ada lagi biaya tes psikologi sebesar Rp 50.000 untuk satu pemohon SIM. Namun jika pemohon mengajukan penerbitan untuk dua jenis SIM sekaligus maka biayanya menjadi Rp 75.000. Untuk lebih terperinci berikut biaya perpanjangan SIM berdasarkan peraturan pemerintah nomor 60 tahun 2016:

  • Biaya perpanjangan SIM A dan A umum: Rp 80.000
  • Biaya perpanjangan SIM B1 dan B1 umum: Rp 80.000
  • Biaya perpanjangan SIM B1 dan B1 umum: Rp 80.000
  • Biaya perpanjangan SIM B2 dan B2 umum: Rp 80.000
  • Biaya perpanjangan SIM C: Rp 75.000
  • Biaya perpanjangan SIM C1: Rp 75.000
  • Biaya perpanjangan SIM C2: Rp 75.000
  • Biaya perpanjangan SIM D: Rp 30.000
  • Biaya perpanjangan SIM D khusus D1: Rp 30.000
  • Biaya perpanjangan SIM Internasional: Rp 225.000
Sementara untuk biaya penerbitan Surat Izin Mengemudi (SIM Baru) adalah sebagai berikut, biaya penerbitan SIM Baru (A, B1, B2) Rp 120.000, biaya penerbitan SIM baru (C, C1, C2) Rp 100.000, biaya penerbitan SIM baru (D dan D1) Rp 50.000 dan biaya penerbitan SIM internasional Rp 250.000. itulah cara serta biaya perpanjangan SIM gaaesss semoga bermanfaat....
KANG ANDI
KANG ANDI Seorang marketing motor, yang keseringan cari konsumen lewat online dijuluki sama temen temen marketing online.

Post a Comment for "Cara Perpanjangan SIM Online dan Biaya Perpanjangan !!!"